Berita

Anda di sini

Depan / Berita


Berita Nasional

Tata Guna Lahan Partisipatif Untuk Mendukung Pembangunan Wilayah

(Jakarta) 26 Oktober 2017 – Perencanaan tata guna lahan partisipatif, yang melibatkan masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya, adalah faktor penting untuk meningkatkan pembangunan wilayah. Sebab, metode perencanaan ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dan pemerintah untuk menegaskan batas administratif desa, serta meningkatkan kualitas perencanaan tata ruang di tingkat kabupaten dan provinsi.

Siaran Pers : Satu Peta untuk Mendukung Pembangunan Nasional

Pemerintah terus serius menggarap percepatan Kebijakan Satu Peta (one map policy). Kebijakan ini sangat penting mengingat pengembangan kawasan atau infrastruktur seringkali terbentur dengan sejumlah masalah terkait pemanfaatan ruang dan penggunaan lahan.

Era Baru Perhutanan Sosial: Menuju Kesejahteraan Masyarakat

 

Masyarakat di dalam dan di sekitar hutan selayaknya memiliki akses mengelola sumber daya hutan. Pemerintah menjaminnya dengan menyediakan beragam skema akses pengelolaan hutan melalui Program Perhutanan Sosial.

Air Seeding: Inovasi Program Reforestasi

Konawe Selatan - Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan, secara nasional lahan kritis dan rusak yang perlu dihijaukan kembali seluas 24,3 juta hektare. Untuk mengatasi luas lahan kritis yang semakin meningkat, perlu diimbangi dengan suatu metode rehabilitasi yang tepat. Penaburan benih dari udara (air seeding) merupakan alternatif solusi untuk menanggulangi lahan kritis yang semakin meningkat.

Kunjungan MCC ke Desa Santong

Hibah Compact dari Millennium Challenge Corporation (MCC) telah dilaksanakan di Indonesia. Compact Indonesia telah meraih berbagai pencapaian yang berkontribusi pada upaya Pemerintah Indonesia mengentaskan kemiskinan, khususnya melalui pertumbuhan ekonomi.

Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Pengadaan (PMIS) Kerjasama MCA Indonesia - LKPP

SIARAN PERS

MCA-Indonesia Mendukung Modernisasi Pengadaan, Membuatnya Lebih Transparan dan Akuntabel

 

Infrastruktur Jalan Harus Ramah Lingkungan

Pekan Baru -  Tim WWF Indonesia menyebutkan perlunya konektivitas landscape di wilayah koridor Riau, Jambi dan Sumatera Barat (RIMBA). Konektivitas ini diharapkan dapat didukung upaya pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan. Hal ini sesuai dengan amanat Perpres No 13 Tahun 2012 tentang Tata Ruang Pulau Sumatera.

Beragam Manfaat Kala Perempuan Peroleh Akses Energi Terbarukan

Kala perempuan punya akses luas terhadap energi baru terbarukan, tak hanya meringankan pekerjaan juga lebih produktif dan menguntungkan secara ekonomi.

Seperti dirasakan Seni Rolita Hanada, perempuan asal Waingapu, Sumba, Nusa Tenggara Timur, setiap hari harus bekerja di ladang dari pagi hingga petang. Ibu tujuh anak ini, memasak pakai minyak tanah dan kayu bakar sambil mengurus anak dan kedai kecil menjual berbagai hasil olahan tani dan hasil kebun mereka.

Halaman