Berita NTB

Anda di sini

Depan / Berita NTB


Berita Nusa Tenggara Barat

Koalisi Nine Desa Kawasan: Bergerak Menuju Perubahan Perempuan



“Politik ternyata bukan hanya yang tingkat tinggi saja, tapi politik juga ada dalam diri pribadi dan bisa juga di tingkat rumah tangga”

(Sahili,  17 Juli 2017)

Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik Mari Mengenal HHBK : Hutan Ku dan Masa Depan Ku



Satu persatu utusan tiap sekolah mulai berdatangan memasuki ruang aula Kantor Camat Suela – Lombok Timur yg merupakan lokasi diadakannya pemutaran Video Animasi dan Sosialisai Komik “Mari Mengenal Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK)”. Tiga sekolah yang diundang melalui rekomendasi dari Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dikpora Kecamatan Suela antara lain SDN 1 Suela, Madrasah Ibtida’iyah (MI) Nahdhatul Wathan Suela dan Madrasah Ibtida’iyah Marakit Suela.

Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Komik “Mari Mengenal HHBK”: Jaga Hutanmu agar Tetap Lestari



Suasana kamis pagi, 05 Oktober 2017 masih terasa dingin, karena lokasi acara pemutaran video animasi dan sosialisasi buku komik berdekatan dengan kawasan hutan dan menjadi wilayah yang paling utara, tepatnya di Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Teratak menjadi lokasi berikutnya setelah kegiatan serupa juga diselenggarakan di Kabupaten Lombok Utara.

Membangun Kesadaran Sejak Dini Akan Pentingnya Hutan



Ratusan anak dari tiga sekolah yang berdampingan dengan kawasan hutan kemasyarakatan atau yang biasa dikenal dengan istilah HKm memenuhi ruangan SDN 3 Santong. Ketiga sekolah ini berasal dari SDN 3 Santong, SDN 1 Santong dan MI Baqiayatus Solih. Mereka diundang secara khusus untuk menghadiri kegiatan pemutaran video animasi dan sosialisasi buku komik yang diadakan oleh yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) tanggal 03 Oktober 2017 di Kabupaten Lombok Utara.

Dari Mimpi Menjadi Realita



Pulau Lombok kini mulai dikenal oleh masyarakat dunia. Melalui keindahan dan keberagaman budaya yang dimiliki menjadikan Lombok sebagai referensi dunia yang layak dikunjungi. Semua kalangan bahu-membahu untuk terlibat dalam sektor industri pariwisata yang menjadi penyumbang devisa negara. Mulai dari kalangan pemerintah hingga masyarakat turut ambil bagian dalam upaya pengembangan destinasi wisata. Ditambah lagi saat ini Lombok mendapatkan penghargaan dunia sebagai tempat kunjungan terbaik yang difokuskan untuk bulan madu dan menjadi tujuan wisata halal.

Dari Lahan Kering Untuk Kesejahteraan



Nusa Tenggara Barat memiliki daratan yang didominasi oleh lahan kering, yaitu sekitar 82 % dari luas daratannya. Namun yang sudah dikelola baru sekitar 40% dari angka tersebut. Pengelolaan lahan tersebut masih dilakukan secara konvensional, lahan yang berbentuk ladang tersebut ditanami berbagai jenis tanaman tanpa ada tanaman utama yang menjadi tanaman produksi unggulan. Tanaman-tanaman tersebut umumnya tidak memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan produksi masih relatif rendah.

Jangan Hanya Hutan yang Dilestarikan, Masyarakat Juga



“Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera” itulah bunyi slogan yang sering kita dengar. Kini slogan yang didengung-dengungkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan disambut terbalik oleh H. Artim ketika menghadiri acara Workshop Percepatan Perhutanan Sosial dalam upaya menjawab pengentasan kemiskinan masyarakat pinggir hutan  yang ada di NTB. Menurut beliau, masyarakatlah yang lebih dahulu disejahterakan baru hutan bisa lestari. Pernyataan tersebut tidak semata-mata keluar begitu saja tanpa dasar.

Bertani Kopi Arabica Selamatkan TNKS



Kerinci-Hari ini panasnya  cukup bagus. Matahari dan langit biru tampil bersamaan. Puncak gunung Kerinci bahkan terlihat jelas di kejauhan sana. Kehijauan menyebar di sejauh mata memandang. Meski bukan hutan, tapi perkebunan teh menyambut kedatangan kami ke desa-desa di sekitar Kecamatan Kayo Aro dan Gunung Tujung, Kabupaten Kerinci.

Halaman