Berita

Anda di sini

Depan / Berita

Pesan peringatan

Not able to connect with Facebook


Berita Nusa Tenggara Timur

MCA Membukakan Akses Pasar dan Pemberdayaan Perempuan



by Eva Martha Rahayu - December 13, 2017
 
Dalam kerangka perekonomian rendah karbon, usaha-usaha komoditas berpotensi memberikan manfaat ekonomi yang tinggi bagi perempuan. Ini adalah kesempatan bagi perempuan untuk berkiprah mendukung ekonomi hijau.
 

Rakorda Compact End Date Provinsi NTT



Program Compact Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia yang dipersiapkan sejak bulan April 2013, saat ini telah memasuki tahap persiapan pengakhiran proyek (Compact End Date) pada bulan April 2018. Semua kegiatan grantee akan menyelesaikan seluruh kegiatannya antara bulan Desember 2017 s/d Maret 2018, dengan demikian kurang dari 20 minggu waktu kerja efektif tersisa harus difokuskan pada proses penyelesaian seluruh pekerjaan lapangan, dan administrasi proyek, serta mendorong upaya keberlanjutan kegiatan paska proyek.

Kampanye Energi Terbarukan bersama anak-anak Sumba



Sejak tahun 2010 Hivos dan kementerian Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) telah melakukan inisiasi program pengembangan pulau Sumba sebagai pulau ikonis energi terbarukan yang dikenal dengan sebutan SII atau Sumba iconic island.

Pelatihan Pengarusutamaan Gender Dalam Kewirausahaan Energi Terbarukan



Melalui dukungan kemitraan dengan Millenium Challenges Account – Indoesia sejak tahun 2015 dalam sebuah perjanjiaan kemitraan Hivos telah menyediakan sistem penggilingan mikro untuk pengolahan hasil pertanian dan bahan pangan pokok masyarakat di Sumba seperti jagung dan padi.

Menengok Jejak Langkah di DAS Kadahang



Enam belas bulan sudah Konsorsium Subur Makmur Daerah Aliran Sungai Kadahang (SMDK) bekerja di 19 desa yang mencakup wilayah Kabupaten Sumba Timur dan Sumba Tengah dengan program berjudul “Pengembangan Wanatani dan Tata Kelola DAS Kadahang di Sumba Timur”, dukungan Millenium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia).

Membangun Asa Untuk Masa Depan Pertanian Selaras Alam yang Berkelanjutan di Sumba



Pulau Sumba dengan luas 11.040.00 km2 terdiri dari daratan 10.710 Km2  atau 23.30% dari luas NTT dengan wilayah laut 103.400 ha dan memiliki 130 buah daerah aliran sungai (DAS) (data wilayah sungai Sumba tahun 2014). Sumba terdiri dari empat (4) kabupaten:Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya, saat ini dihuni oleh 760.466 jiwa penduduk yang terdiri dari 391.107 laki-laki dan 369.359 perempuan dan 29,2% diantaranya tergolong miskin.

Pelatihan GALS untuk Agen dan Pelanggan Corn Milling



Mulai tanggal 25 - 30 September 2017, Konsorsum Hivos melakukan training Gender Action Learning System (GALS) untuk 40 agen dan 80 pelanggan corn milling. Corn milling adalah penggilingan mikro bertenaga surya untuk pengolahan pangan pokok. Melalui dukungan kemitraan dengan Millenium Challenges Account – Indonesia, Hivos bersama mitra Village Infrastucture Angel menyediakan 50 sistem penggilingan mikro untuk pengolahan hasil pertanian dan bahan pangan pokok masyarakat di Sumba seperti jagung dan padi.

Sosialisasi Video Animasi dan Komik Hasil hutan Bukan kayu di Sumba Barat Daya



Setelah di Sumba Timur, roadshow kegiatan Pemutaran Video Animasi dan Diseminasi Komik "Mari Mengenal Hasil Hutan Bukan Kayu" yang difasilitasi Yayasan BaKTI kembali diadakan di Sumba Barat Daya-NTT pada Jumat 13 Oktober 2017 bertempat di Aula Seruni Kompleks Konventu, Waitabula. Kegiatan ini diikuti oleh 125 pelajar kelas IV, V dan VI dari SD Masehi Mata, SDK Marsudirini, SDK Weetabula dan SDM Weekamburu serta SDN Tabulo Dara Waikabubak-Sumba Barat. 

Halaman