Berita

Anda di sini

Depan / Berita


Berita Nusa Tenggara Timur

Pelatihan GALS untuk Agen dan Pelanggan Corn Milling



Mulai tanggal 25 - 30 September 2017, Konsorsum Hivos melakukan training Gender Action Learning System (GALS) untuk 40 agen dan 80 pelanggan corn milling. Corn milling adalah penggilingan mikro bertenaga surya untuk pengolahan pangan pokok. Melalui dukungan kemitraan dengan Millenium Challenges Account – Indonesia, Hivos bersama mitra Village Infrastucture Angel menyediakan 50 sistem penggilingan mikro untuk pengolahan hasil pertanian dan bahan pangan pokok masyarakat di Sumba seperti jagung dan padi.

Sosialisasi Video Animasi dan Komik Hasil hutan Bukan kayu di Sumba Barat Daya



Setelah di Sumba Timur, roadshow kegiatan Pemutaran Video Animasi dan Diseminasi Komik "Mari Mengenal Hasil Hutan Bukan Kayu" yang difasilitasi Yayasan BaKTI kembali diadakan di Sumba Barat Daya-NTT pada Jumat 13 Oktober 2017 bertempat di Aula Seruni Kompleks Konventu, Waitabula. Kegiatan ini diikuti oleh 125 pelajar kelas IV, V dan VI dari SD Masehi Mata, SDK Marsudirini, SDK Weetabula dan SDM Weekamburu serta SDN Tabulo Dara Waikabubak-Sumba Barat. 

Sosialisasi Video Animasi dan Komik Hasil Hutan Bukan Kayu di Sumba Timur



Tanggal 10 Oktober 2017, Yayasan BaKTI memfasilitasi Pemutaran Video Animasi dan Diseminasi Komik "Mari Mengenal Hasil Hutan Bukan Kayu" di Sumba Timur-NTT. Kegiatan yang diadakan di Aula Gedung Umbu Tipuk Marisi, Waingapu ini diikuti oleh 100 pelajar kelas IV, V dan VI dari SDN Inpres Kalu dan SDM Payeti 1 Sumba Timur serta SD Waihibur Sumba Tengah dan guru pendamping sebanyak 15 orang.  Semangat untuk mengikuti sudah terlihat dari anak-anak ini ketika mereka tiba di lokasi acara.  Sambil mengantri dengan tertib, para siswa ini lalu mengisi daftar hadir yang sudah disediakan panitia.

Melirik Peluang Usaha Perikanan Air Tawar Berbasis Lemna



Siang itu Rabu 4 Oktober 2017 sekitar pukul 11.00 waktu setempat, Field Officer BaKTI mengunjungi saung tani Lima Sejahtera yang diketuai Bapak Jhon Lukas Ludji di Kelurahan Mauhau, Sumba Timur. Sekitar 40 peserta nampak sedang bersiap-siap mengikuti kegiatan “Pelatihan Budidaya Ikan dan Bioslurry Lemna” yang dilaksanakan oleh Yayasan Rumah Energi (YRE) dengan dukungan Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia.

Rumah Produksi Sehat Koalisi Perempuan Indonesia Di Sumba



Pada hari Senin, 25 September 2017, sekumpulan ibu-ibu terlihat ramai di depan sebuah rumah. Rumah itu ternyata adalah rumah produksi milik Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) yang terletak di jalan Bandara Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Di rumah produksi itu berlangsung pelatihan “Rumah Produksi Sehat”. KPI sendiri merupakan salah satu lembaga penerima hibah program kemakmuran hijau dari MCA-Indonesia.

 

Mempersiapkan Orang Muda Untuk Pariwisata Minat Khusus Tenun Ikat Sumba Timur



Menurut World Tourism Organization (1985), Pariwisata Minat Khusus didefinisikan sebagai “pariwisata minat khusus melibatkan kelompok atau individu dan dijalankan oleh mereka yang ingin mengembangkan minat tertentu serta mengunjungi situs-situs atau tempat-tempat yang berhubungan dengan hal yang spesifik”.

Alternatif Pengolahan Cumi untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Pero Konda, Sumba Barat Daya



Blue Carbon Consortium (BCC) yang merupakan kolaborasi antara Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor (PKSPL IPB), Perkumpulan Pemberdayaan Masyarakat dan Pendidikan Konservasi Alam (YAPEKA) dan  Training and Facilitation for Natural Resources Management (TRANSFORM) telah bekerja sejak bulan September 2015 di Sumba dengan dukungan program Kemakmuran Hijau – Millenium Challenge Account Indonesia (MCA Indonesia) untuk Proyek Pengelolaan Pengetahuan Pembangunan Sumberdaya Pesisir Rendah Emisi telah melakukan pendampingan terhadap beberapa desa di

Menangkap Peluang Replikasi Aktivitas Peningkatan Ekonomi Ramah Lingkungan untuk Sumba Barat



Proyek Kemakmuran Hijau MCA Indonesia hingga saat ini telah tiba pada tahap implementasi kegiatan. Dalam rangka mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai aktivitas tersebut, pada Selasa 22 Agustus 2017 Pemerintah kabupaten Sumba Barat melaksanakan rapat koordinasi. Rapat berlangsung di Aula Bappeda dan melibatkan beberapa SKPD serta penerima hibah untuk Proyek Kemakmuran hijau MCA Indonesia yang memiliki lokasi program di kabupaten Sumba Barat.

Halaman