Berita

Anda di sini

Depan / Berita

Pesan peringatan

Not able to connect with Facebook


Berita Sulawesi Barat

Pengetahuan baik melalui buku komik

Selamat pagi kak, sapaan pagi yang terdengar yang menyapa saat memasuki pintu gerbang sekolah ini. Sapaan hangat, gembira dan ceria dari siswa siswi SD Inpres Simboro. SD ini berlokasi di jalan Jenderal   Sudirman Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Sekolah ini memiliki jumlah murid sebanyak 672 siswa siswi . Sekolah ini berdekatan dengan SD Negeri 02 Karema yang berlokasi di jalan Nelayan, Karema Selatan Kabupaten Mamuju. Jarak dari SD Inpres Simboro dengan SD Negeri 02 Karema tidak begitu jauh hanya dibatasi oleh tembok antar kedua bangunan sekolah.

Peluncuran Perdana dan Pelatihan Indikator Penganggaran Hijau

LPEM FEB-UI bekerja sama dengan Millennium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia) melaksanakan acara desiminasi hasil pengembangan indikator pengaggaran hijau di pada tanggal 19 September 2017 di Hotel Maleo, Mamuju Provinsi Sulawesi Barat 

Anak Mamasa Siap Menjaga Hutan Mereka dari Ketinggian 2000 meter

Pagi itu, 6 Oktober 2017, SDN 002 Mamasa menjadi tuan rumah acara Pemutaran Video Animasi dan Sosialisasi Buku Komik Mari Mengenal Hasil Hutan Bukan Kayu. Seratus murid kelas 4, 5 dan 6 dari SDN 001 dan SDN 002 Mamasa berkumpul di depan kelas, menunggu dipersilakan masuk. Namun mereka didahului oleh seorang anak kecil bernama Pali, yang sudah tidak sabar ingin acara dimulai. Senyum merekah di wajahnya sembari duduk di salah satu bangku. Tatapannya lurus ke depan seraya bertanya “Kapan dimulai?”

Ranger Cilik dari Mamuju

Hamparan laut di sebelah kanan dan susunan perbukitan di sebelah kiri menyambut saat memasuki kota Mamuju, ibukota Provinsi Sulawesi Barat. Deretan huruf raksasa berwarna putih bertuliskan Mamuju City berdiri tegak di atas bukit dikelilingi pepohonan hijau, mengingatkan kita kepada ikon Hollywood di Amerika. Kapal-kapal berlabuh di pelabuhan, dilatarbelakangi gugusan pegunungan dan Pulau Karampuang.

Peningkatan Peran Kelompok Tani Hutan Dalam Pengelolaan SDA

“Saya menyesal, kenapa hanya sedikit tanaman nilam yang saya beri pupuk organik. Ternyata hasilnya lebih banyak yang saya peroleh dibanding menggunakan pupuk kimia,” kisah Rustam Ahmad, Ketua Kelompok Tani Hutan Sahiha Desa Bonehau saat ditemui di sekretariat Konsorsium PSDABM-M di Desa Bonehau.

Menanam harapan di Rumah Semai

Di atas tanah yang datar,  hampir separuh luas lapangan sepak bola, terbentang jaring peneduh (paranet) menaungi ribuan polybag berisi biji-bijian dari ragam tanaman dan anakan rotan yang sedang disemaikan. Di sebuah sudut paranet, seorang lelaki sedang berkeliling memeriksa kondisi pembibitan sembari sesekali berhenti dan duduk memainkan jemarinya mencabut gulma di tanah polybag yang ikut tumbuh bersama biji-biji kecambah.

 

KPH Mamuju Dorong Integrasi dan Sinergi Program dengan Para Pihak

Pasca Rapat Koordinasi MCA-I Provinsi Sulawesi Barat tanggal 26 Juli 2017, Konsorsium Pembangunan Hijau Mamuju (KPHM) yang terdiri dari gabungan beberapa lembaga dari provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yakni SCF, YAPPER, Serikat Perempuan Mamuju (SPM), dan SANDE Institute, bersama Himpunan Serikat Perempuan Indonesia (HAPSARI) dan CV IDEAS Consultancy and Service  bergerak cepat memastikan tahapan-tahapan proyek terlaksana sesuai rentang waktu dan target proyek, minimal sampai Desember 2017.

Rapat Koordinasi Daerah Provinsi Sulawesi Barat

 

Halaman