Berita

Anda di sini

Depan / Berita


Berita Sulawesi Barat

Peningkatan Peran Kelompok Tani Hutan Dalam Pengelolaan SDA

“Saya menyesal, kenapa hanya sedikit tanaman nilam yang saya beri pupuk organik. Ternyata hasilnya lebih banyak yang saya peroleh dibanding menggunakan pupuk kimia,” kisah Rustam Ahmad, Ketua Kelompok Tani Hutan Sahiha Desa Bonehau saat ditemui di sekretariat Konsorsium PSDABM-M di Desa Bonehau.

Menanam harapan di Rumah Semai

Di atas tanah yang datar,  hampir separuh luas lapangan sepak bola, terbentang jaring peneduh (paranet) menaungi ribuan polybag berisi biji-bijian dari ragam tanaman dan anakan rotan yang sedang disemaikan. Di sebuah sudut paranet, seorang lelaki sedang berkeliling memeriksa kondisi pembibitan sembari sesekali berhenti dan duduk memainkan jemarinya mencabut gulma di tanah polybag yang ikut tumbuh bersama biji-biji kecambah.

 

KPH Mamuju Dorong Integrasi dan Sinergi Program dengan Para Pihak

Pasca Rapat Koordinasi MCA-I Provinsi Sulawesi Barat tanggal 26 Juli 2017, Konsorsium Pembangunan Hijau Mamuju (KPHM) yang terdiri dari gabungan beberapa lembaga dari provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yakni SCF, YAPPER, Serikat Perempuan Mamuju (SPM), dan SANDE Institute, bersama Himpunan Serikat Perempuan Indonesia (HAPSARI) dan CV IDEAS Consultancy and Service  bergerak cepat memastikan tahapan-tahapan proyek terlaksana sesuai rentang waktu dan target proyek, minimal sampai Desember 2017.

Rapat Koordinasi Daerah Provinsi Sulawesi Barat

 

Rotan Lestari Masyarakat Bonehau Sejahtera

Bonehau merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat yang menjadi sasaran proyek MCA-Indonesia khususnya pada proyek hibah jendela dua berkenaan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat dalam hal pengembangan tanaman rotan yang dimotori oleh Konsorsium Konsorsium Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat Mamuju (PSDBM-M), tepatnya di tiga desa yakni Desa Bonehau, Hinua dan Tamalea.

Tim Gugus Tugas sebagai Ujung Tombak menuju Kebijakan Satu Peta

Participatory Mapping and Planning (PMaP) merupakan salah satu kegiatan dari komponen Participatory Land Use Planning (PLUP) yang digagas oleh MCA-Indonesia berdasarkan amanat dari program kerjasama bilateral antara pemerintan Republik Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat melalui progam Compact Agreement untuk mengelola dana hibah.

Sebuah Kemitraan demi Terangnya Pulau Karampuang

Pagi itu tanggal 19 Mei 2017 hari sedang cerah-cerahnya, jarum jam menunjukkan  pukul delapan kurang lima menit saya dan beberapa tamu undangan  yang akan mengunjungi Pulau Karampuang telah berkumpul di dermaga  yang menjadi tempat yang sangat  vital utamanya bagi masyarakat yang berasal dari Pulau Karampuang. Setiap pagi di dermaga inilah kapal yang mereka tumpangi merapat di kota Mamuju untuk bekerja mancari nafkah, mereka didominasi oleh para ibu yang bekerja sebagai buruh cuci ataupun bekerja dalam urusan domestik.

Petani sebagai Kunci Keberlanjutan Program

Mamasa merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Polewali Mamasa, hal ini didasarkan pada Undang-Undang No. 11 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Mamasa dan Kota Palopo di Sulawesi Selatan. Berbatasan dengan Kabupaten Mamuju dan Mamuju Tengah di sebelah Utara, Kabupaten Polman di sebelah selatan, Kabupaten Mamuju dan Polman disebelah Barat dan Kabupaten Tanah Toraja dan Pinrang di sebelah timur. Kabupaten ini memiliki Luas wilayah 3.005,88 km2 dan terdiri dari tujuh belas kecamatan.

Halaman