Optimalisasi Penggunaan Lahan Desa Sungai Duren, Desa Muaro Pijoan dan Kelurahan Pijoan, Muaro Jambi, untuk menunjang Kedaulatan Pangan dan Energi

Anda di sini

Depan / Optimalisasi Penggunaan Lahan Desa Sungai Duren, Desa Muaro Pijoan dan Kelurahan Pijoan, Muaro Jambi, untuk menunjang Kedaulatan Pangan dan Energi

Pesan peringatan

Not able to connect with Facebook

Optimalisasi Penggunaan Lahan Desa Sungai Duren, Desa Muaro Pijoan dan Kelurahan Pijoan, Muaro Jambi, untuk menunjang Kedaulatan Pangan dan Energi

Tujuan Proyek
Tujuan utama proyek adalah meningkatkan pendapatan masyarakat (laki-laki dan perempuan) dengan optimalisasi pemanfaatan lahan non produktif berbasis pertanian berkelanjutan dan energi terbarukan secara terintegrasi di tingkat desa. Tujuan utama yang ingin dicapai adalah:
1. Meningkatnya produksi pertanian 30% sebagai akibat pemanfaatan bentang alam secara optimal oleh petani desa, melalui keluaran (outputs) sebagai berikut:
• Jumlah petani yang telah meningkat pendapatannya setelah menerapkan ketrampilannya dalam memanfaatkan lahan non produktif.
• Luas sawah baru dan luas kebun pakan ternak.
• Panjang bantaran sungai Batanghari yang terehabilitasi dengan tanaman baru.
• Meningktanya jumlah produksi hasil sawah dan non sawah.
2. Meningkatnya nilai tambah hasil pertanian, kesempatan kerja, dan pengelolaan kewirausahaan (30%), melalui keluaran (outputs) sebagai berikut:
• Meningkatnya kapasitas kelompok wanita dan pemuda serta ketrampilannya melalui pelatihan peningkatan nilai tambah hasil pertanian.
• Terbentuknya dan beroperasinya satu koperasi agrotani.

Feedback

Penulis: MCA Indonesia

Kategori Publikasi: Infosheet

Tags: Lahan Desa, Muaro Jambi, Kedaulatan Pangan dan Energi

Dokumen:

Share This: