Siaran Pers : Salurkan Hibah Pengetahuan Hijau, MCA-Indonesia Dukung Pembangunan Rendah Karbon Dengan Program Inovatif

Anda di sini

Depan / Siaran Pers : Salurkan Hibah Pengetahuan Hijau, MCA-Indonesia Dukung Pembangunan Rendah Karbon Dengan Program Inovatif

Pesan peringatan

Not able to connect with Facebook

Siaran Pers : Salurkan Hibah Pengetahuan Hijau, MCA-Indonesia Dukung Pembangunan Rendah Karbon Dengan Program Inovatif

Investasi pada inovasi pengumpulan dan penyebaran pengetahuan hijau, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia membantu pembangunan Indonesia berjalan pesat tanpa mengabaikan kelestarian alam.

Jakarta, 18 September 2015. Millennium Challenge Account – Indonesia (MCA-Indonesia) menyalurkan dana hibah kepada tujuh pelaksana Hibah Pengetahuan Hijau. Ketujuh penerima dana hibah adalah Konsorsium Petuah, Green Consortium, HIVOS dan Konsorsium, JetPro-KM Utama dan Konsorsium, PKSPL IPB dan Konsorsium, Yayasan BaKTI, dan LPEM FEB Universitas Indonesia. Penyaluran dana hibah ini bertujuan mendorong inovasi dalam pengumpulan dan penyebaran pengetahuan terkait strategi pembangunan rendah karbon, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia agar sejalan dengan kebutuhan nasional untuk mengembangkan strategi tersebut.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) MCA-Indonesia, Lukita D. Tuwo, mengatakan ketujuh pelaksana hibah ini memiliki ciri dan keunggulan khas dalam mengumpulkan dan menyebarluaskan pengetahuan hijau, serta mendorong kebijakan publik agar lebih ramah lingkungan. “Para pelaksana hibah adalah mitra penting MCA-Indonesia untuk membantu pembangunan Indonesia berjalan dengan cara berkelanjutan,” ujarnya.

Hibah Pengetahuan Hijau adalah bagian dari Aktivitas Pengetahuan Hijau, yang merupakan salah satu kegiatan Proyek Kemakmuran Hijau. Proses seleksi hibah ini berlangsung sejak Desember 2014. Setelah melalui proses penilaian dan negosiasi, tujuh pengusul proposal akan menerima hibah dengan total nilai USD 15 juta. Hibah ini memiliki skema pendanaan bersama, yakni para pemohon harus bersedia mendanai sedikitnya 10% dari total biaya proyek. Hibah Pengetahuan Hijau fokus di 13 kabupaten di Jambi, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Hibah akan dilaksanakan hingga 2018.

Direktur Eksekutif MCA-Indonesia, Bonaria Siahaan, menyatakan hibah ini akan memastikan pembelajaran yang didapat oleh Proyek Kemakmuran Hijau tetap bisa diakses setelah MCA-Indonesia berakhir. “Kami berharap peninggalan ini dapat bermanfaat bagi pembangunan Indonesia di masa mendatang,” ucapnya.

Unduh siaran pers di sini: Siaran Pers-Hibah Pengetahuan Hijau-ID-1809

MCA-Indonesia

MCA-Indonesia adalah pelaksana Hibah Compact dari Millennium Challenge Corporation (MCC), yang mendukung Kemitraan Komprehensif Amerika Serikat dengan Indonesia. MCA-Indonesia bertujuan mengurangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://www.mca-indonesia.go.id.

KONTAK:

Fortune PR, Faizal Abrudin, PR Consultant, E-mail: faizal@fortunepr.com, Tel. 021-78831874

MCA-Indonesia, Muhammad Karim, Promotion and Publication Specialist, E-mail: muhammad.karim@mca-indonesia.go.id, Tel. 021-3983 1971

 

Feedback

Penulis: MCA Indonesia

Kategori Publikasi: Lainnya

Tags: MCA-Indonesia

Dokumen:

Share This: